Jumat, 29 November 2013

LAP. IPA CAHAYA KODE: 7



Kode : C-7
Judul percobaan         : Cahaya putih terdiri dari berbagai warna               
      I.          Landasan teori           :
Cahaya adalah gelombang elektromagnetik dan dapat merambat pada ruang hampa udara.Cepat rambat cahaya di ruang hampa udara sebesar 3 x 108 m/s. Benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya.Ada dua macam sumber cahaya, yaitu sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan.Sumber cahaya alami merupakan sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alamiah dan setiap saat, contohnya matahari dan bintang.Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidak tersedia setiap saat, contohnya lampu senter, lampu neon, dan lilin.cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya cahaya merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan. Bukti cahaya merambat lurus tampak pada berkas cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam ruangan yang gelap.Demikian pula dengan berkas lampu sorot pada malam hari.

    II.          Tujuan percobaan      :
Melalui percobaan ini dapat kita memahami bahwa cahaya matahari dapat diuraikan menjadi beberapa warna cahaya.
  III.          Alat dan bahan percobaan    :
1.     Cermin
2.     Bejana serbaguna
3.     Kertas warna putih
4.     Air secukupnya
  IV.          Cara kerja / prosedur percobaan     :
1.     Sediakan alat dan bahan melakukan percobaan dengan cara meletakkan cermin dalam posisi miring dalam bejana serbaguna atau baskom dengan posisi menghadap langsung ke sinar matahari atur sedemikian rupa sehingga pantulan sinar matahari dapat mengenai kertas yang menempel pada kertas putih.
2.     Kemudian menuangkan air ke dalam bejana serbaguna atau baskom secara perlahan-lahan dan membiarkan air tersebut shingga diam.
3.     Lalu meminta untuk membandingkan percobaan pada langksh 1 dan 2
    V.          Perolehan data / tabel pengamatan  :

     VI.          Analisis data / pembahasan :


       VII.          Hasil pengamatan :


 VIII.          Kesimpulan / saran  :
Berdasarkan dari hasil percobaan yang kita lakukan dapat di simpulkan bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, warna – warna tersebut dapat terjadi karena cahaya putih matahari terdiri atas beberapa warna cahaya.














1 komentar: