Jumat, 29 November 2013

LAP. IPA CAHAYA KODE: C 1 2


                                                                         LAPORAN PRAKTIKUM IPA
Kode   : C -1
Judul Percobaan                    : Cahaya Merambat Lurus                 
      I.          Praktikan :
1.     Aulia Rusdi
2.     Daniel Fahrudin Panjaitan
3.     Dewi Puspasari
4.     Dimas Aryo Pamungkas
    II.          Landasan Teori                      :
Cahaya merupakan salah satu gelombang elektromagnetik, suatu gelombang yang tidak memerlukan medium sebagai media perambatannya. Benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya. Ada dua macam sumber cahaya, yaitu sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan. Sumber cahaya alami merupakan sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alamiah dan setiap saat, contohnya matahari dan bintang. Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidak tersedia setiap saat, contohnya lampu senter. Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya cahaya merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan. Bukti cahaya merambat lurus tampak pada berkas cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam ruangan yang gelap.Demikian pula dengan berkas lampu sorot pada malam hari.

  III.          Tujuan Percobaan                 :
Melalui percobaan ini dapat mengungkapkan bahwa cahaya merambat lurus

  IV.          Alat dan Bahan                      :


1.     Kubus aluminium
2.     Kubus kayu
3.     Lampu dan duduknnya
4.     Kabel
5.     Baterei
6.     Dudukan baterai
7.     Kertas putih
8.     Saklar

    V.          Cara kerja / prosedur percobaan     :
1.     Menunjukkan rakitan yang telah disiapkan dan meletakan 2 buah kubus di depan lampu, setelah itu memperhatikan lebar celah kedua kubus dan jarak antara celah dengan lampu sehingga garis cahaya dapat keluar melalui celah tersebut.
2.     Meletakkan kedua kubus pada kertas yang sama seperti pada langkah 1, kemudian menggeserkan lampu sehingga terarah pada kubus kayu.
3.     Meletakkan kedua kubus pada tempat yang tersedia seperti pada langkah 2, lalu guru mengeserkan lampu ke arah kubus alumunium.
4.     Setelah di amati dari hasil percobaan lalu di tulis di hasil pengamatan.

VI. Perolehan Data / tebel pengamatan
Posisi lampu
Terbentuk garis
Jika diteruskan
Di tengah
Lurus
Lurus ke arah lampu
Di geser ke kiri
Lurus ke kanan
Lurus ke arah lampu
Di geser ke kanan
Lurus ke kiri
Lurus ke arah lampu

VII. Analisis data / pembahasan
  1.  Ketika lampu dinyalakan berkas cahaya yang keluar dari celah antara balok aluminium dan balok kayu berbentuk garis lurus dan garis yang berhimpitan dengan garis berkas cahaya yang keluar dari celah bila diperpanjang akan lurus menuju ke lampu
           2.  Ketika tika lampu digeser ke arak kiri maka berkas cahaya yang di hasilkan berbentuk lurus 
        ke kanan dan garis yang berhimpitan dengan garis berkas cahaya yang keluar dari celah bila       
       diperpanjang akan lurus menuju ke lampu
3         3. Ketika lampu digeser ke arak kanan maka berkas cahaya yang di hasilkan berbentuk lurus 
          ke kiri dan garis yang berhimpitan dengan garis berkas cahaya yang keluar dari celah bila   
           diperpanjang akan lurus menuju ke lampu
VIII. Hasil pengamatan
Dari hasil pengamatan dapat diamati peristiwa-peristiwa sebagai berikut:Ketika lampu dinyalakan berkas cahaya yang keluar dari celah antara balok alumunium dan balok kayu berbentuk garis lurus, garis yang di buat berimpit dengan garis berkas cahaya yang keluar dari celah bila diperpanjang akan lurus menuju ke lampu dan garis yang dibuat berimpit dengan garis berkas cahaya yang keluar dari celah bila di teruskan kea rah lampu lurus menuju lampu.
IX. Kesimpulan/saran
A. Kesimpulan
Lampu merupakan sumber cahaya. Berkas cahaya yang terjadi pada percobaan, selalu berbentuk gari lurus. Jika gari-garis itu di teruskan ke arah lampu, maka garis itu akan sampai ke tempat lampu. Semua berkas cahaya yang tampak keluar dari celah berasal dari lampu dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berkas cahaya yang keluar dari lampu merambat menurut garis lurus
B. Saran
Saran yang ingin kami sampaikan dalam paktikum ini adalah dalam praktikum sebaiknya praktikan dapat saling menghargai kepentingan dan tujuan dalam praktikum. Juga untuk dalam praktikum kaka asisten harus lebih intensif dalam membimbing adik-adik tingkatnya agar tujuan praktukum bisa tercapai.








Kode   : C-2
Judul Percobaan        : Cahaya dapat menembus benda bening                              
I.            Landasan teori             :
Cahaya adalah gelombang elektromagnetik dan dapat merambat pada ruang hampa udara.Cepat rambat cahaya di ruang hampa udara sebesar 3 x 108 m/s. Benda yang dapat memancarkan cahaya dinamakan sumber cahaya.Ada dua macam sumber cahaya, yaitu sumber cahaya alami dan sumber cahaya buatan.Sumber cahaya alami merupakan sumber cahaya yang menghasilkan cahaya secara alamiah dan setiap saat, contohnya matahari dan bintang.Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat oleh manusia, dan tidak tersedia setiap saat, contohnya lampu senter, lampu neon, dan lilin.cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya cahaya merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan. Bukti cahaya merambat lurus tampak pada berkas cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam ruangan yang gelap. Demikian pula dengan berkas lampu sorot pada malam hari.

II.          Tujuan percobaan        :
Melalui percobaan dapat memahami bahwa cahaya dapat menembus benda bening

III.       Alat dan bahan percobaan                   :


1.     Gelas kimia berisi air
2.     Piring neraca
3.     Lensa
4.     Dudukan baterai
5.     Baterai
6.     Lampu dan dudukannya
7.     Kabel
8.     Layar karton
9.     Karton tebal
10.  Uang logam
11.  Plastik bening
12.  Kotak resonansi


IV.       Cara kerja / prosedur percobaan                    :
- Rakit alat yang telah di sediakan
- Setelah itu menghalangi cahaya lampu dengan lensa
               - Kemudian itu menghalangi cahaya lampu dengan uang logam-
- Lalu itu menghalangi cahaya lampu dengan plastik bening, karton tebal, gelas kimia kosong, gelas kimia berisi air dan piring neraca

   V.          Perolehan data / table pengamatan    :
Benda yang menghalangi sorot lampu
Cahaya lampu terlihat pada layar
Cahaya lampu tidak terlihat pada layar
Tidak ada
Ö        

Lensa
Ö        

Uang logam

Ö        
Plastik bening
Ö        

Karton tebal

Ö        
Gelas kimia kosong
Ö        

Gelas kimia isi air
Ö        

Piring neraca

Ö        

VI.            Analisis data / pembahasan   :
a.      Ketika cahaya lampu tidak dihalangi cahaya lampu pada layar tampak
b.     Ketika cahaya lampu dihalangi oleh lensa cahaya lampu pada layar tampak
c.      Ketika cahaya lampu dihalangi oleh uang logam cahaya lampu pada layartidak tampak
d.     Ketika cahaya lampu dihalangi oleh plastik bening cahaya lampu pada layar tampak
e.      Ketika cahaya lampu dihalangi oleh karton tebal cahaya lampu pada layar tidak tampak
f.      Ketika cahya lampu dihalangi oleh gelas kimia kosong cahaya lampu pada layar tampak
g.     Ketika cahaya lampu dihalangi oleh gelas kimia berisi air cahaya lampu pada layar tampak
h.     Ketika cahaya lampu dihalangi oleh piring neraca cahaya lampu pada layar tidak tampak 

VII.         Hasil pengamatan                  :
hasil pengamatan yang telah kami lakukan adalah lensa, palstik bening, gelas kimia kosong dan gelas kimia berisi air merupakan benda yang tembus pandang sehingga cahaya lampu terlihat pada layar. Sedangkan kertas, karton tebal dan piring neraca merupakan benda yang tidak tembus pandang

VIII.       Kesimpulan / saran                :

A.    Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil percobaan ini dapat di simpulkan bahwa cahaya dapat menembus benda yang bening.
B. Saran
Saran yang ingin kami sampaikan dalam paktikum ini adalah dalam praktikum sebaiknya praktikan dapat saling menghargai kepentingan dan tujuan dalam praktikum. Juga untuk dalam praktikum kaka asisten harus lebih intensif dalam membimbing adik-adik tingkatnya agar tujuan praktukum bisa tercapai.

1 komentar:

  1. Best 7 Casino Apps in Pennsylvania - Dr.MCD
    Best 7 Casino 남양주 출장마사지 Apps in Pennsylvania · 1. 여주 출장샵 Red Dog Casino; 군산 출장안마 2. Ignition Casino; 3. The Duel Casino; 4. Wild 정읍 출장안마 Casino; 5. Slots Empire 강릉 출장샵 Casino; 6.

    BalasHapus